Menu Sahur Dan Buka Puasa Yang Benar

Menu Sahur Dan Buka Puasa Yang Benar -  Rasa lapar memang kita rasakan ketika kita berpuasa. Tetapi bagaimanapun juga kita harus tetap menjaga pola makan kita ketika sahur dan berbuka puasa. Karena pola makan kita yang berlebih dapat mengakibatkan kadar kolestrol melonjak. Agar puasa berjalan dengan lancar dan tidak berantakan tetap selalu perhatikan menu seimbang dan sehat serta dapat memenuhi gizi.

Dr.phaidoon L.Toruan pernah membagiakan tips untuk sahur dan berbuka puasa agar tubuh tetap sehat dan kadar kolestrol tidak melonjak , tips ini juga sangat baik di terapkan untuk kalangan atlit.

SAHUR

  • Hal yang terpenting bagi tubuh kita adalah vitamin dan elektrolit yang di mana bisa kita dapatkan dari Air Putih dan Buah atau Jus tanpa Gula selain itu kita juga bisa mendapatkan dari Air Kelapa Muda. Cara yang baik agar elektrolit tetap terjaga adalah saat sahur kita minum air kelapa dahulu baru di susul dengan air putih agar rasa haus tidak terasa ketika setelah minum air kelapa
  • Karbohindrat merupakan hal yang harus kita perhatikan saat sahur. Maka agar puasa anda nyaman dan tidak mendapatan halangan ganti nasi putih anda dengan karbohidrat kompleks yaitu nasi merah , spaghetti, ubi, bubur kacang hijau dengan gula aren ( gula merah ). Jenis makanan ini merupakan makanan yang menahan rasa lapar dan mebuat gula darah stabil.
  • Lemak atau minyak tidak digoreng merupakan lemak sehat seperti olive oil , coconut oil, flaxseed oil.Minyak memang sangat di butuhkan dalam mengolah makanan tetapi gunakanlah minyak seperti di sebutkan di atas. Minyak di atas membantu memperlambat pergerakan makanan sehingga lebih tahan lapar.Akan tetapi apabila anda memasukan minyak goreng berarti anda memasukan radikal bebas ke dalam tubuh kita.
  • Konsumsi buah dan sayur pada saat sahur sangat di perlukan karena buah dan sayur mengandung serat dan serat dari buah dan sayur dapat membantu membersihkan sisa – sisa makanan di dalam usus.
BERBUKA PUASA
  • Untuk menjaga tubuh tetap segar selalu minum air putih ketika anda berbuka puasa karena air putih sangat membantu kita untuk tetap segar dan mengembalikan semangat yang sudah terbuang ketika puasa.
  • Minuman yang manis secara alami yang berarti tanpa gula seperti air kelapa , jus buah semangka dan melon tanpa gula dan buah lainnya , kenapa saya anjurkan tanpa gula ? Karena gula pasir berdampak loyo dan kurang bagus untuk kesehatan.
  • Makanan makanan karbohidrat kompleks seperti yang saya tulis di nomor 2 bagian Sahur , karena karbohidrat kompleks juga membantu agar kita tidak terlalu makan berlebihan porsi dan selain itu kurangi makanan yang bergoreng yang bersifat memberikan efek ngantuk.
Semoga menu Sahur dan Berbuka Puasa di atas bisa anda rasakan di dalam keluarga anda selain anda membantu keluarga anda hidup sehat anda juga bisa lebih hemat dalam mengelola biaya pengeluaran. Dan selalu beri keluarga anda 1 liter air setelah berbuka puasa sebelum tidur agar tetap fit dalam menjalankan aktifitas esok
Previous
Next Post »
Berkomentar dengan
atau

Tidak ada komentar:

BERI KOMENTAR
Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel :)

notifikasi
close